Manfaat Menggunakan Obat Kumur untuk Kesehatan Gigi

 On Tuesday, July 19, 2016  

Pada umumnya obat kumur dikenal sebagai obat untuk mencegah bau mulut. Tetapi ternyata selain itu, obat kumur juga bermanfaat menjaga kesehatan mulut lho. Obat kumur umumnya adalah cairan antiseptik yang juga digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi, permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang atau kerongkongan. Tidak hanya itu obat kumur berfungsi layaknya air liur, yaitu menjaga mulut tetap lembap dan menetralkan zat asam.

Bau mulut adalah keluhan yang umum terjadi terutama pada saat sedang berpuasa. Selain dapat disebabkan oleh bakteri, makanan yang tersisa pada sela-sela gigi dan permukaan lidah juga dapat menimbulkan bau mulut yang sangat mengganggu.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa obat kumur dapat menangani bau mulut. Menurut penelitian tersebut juga, kandungan zinc dan chlorine dioxide dapat menetralkan bau yang ada, sedangkan kandungan antibakteri chlorhexidine atau cetylpyridinium diperkirakan dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

Ternyata ada banyak manfaat lain dari obat kumur, apa saja:

1. Obat kumur dapat membantu mencegah penimbunan plak pada gigi.

2. Obat kumur yang mengandung fluoride berperan membantu mengurangi risiko gigi berlubang akibat bakteri dan zat asam, serta menjadikan gigi lebih kuat.

3. Obat kumur tertentu juga dapat digunakan setelah operasi atau setelah pencabutan gigi.

4. Beberapa jenis obat kumur yang diresepkan dapat digunakan untuk menangani penyakit mulut yang dapat diakibatkan terapi radiasi ataupun kemoterapi.

Nah, pengguna obat kumur herbal seperti Dr Dental tidak akan merasakan efek samping berarti, karena kandungan utamanya yang terbuat dari bahan alami. Selain itu, perlu diingat bahwa obat kumur bukanlah pengganti sikat dan pasta gigi tapi keduanya tetap berperan penting membersihkan sisa makanan dan bakteri pada gigi.
Manfaat Menggunakan Obat Kumur untuk Kesehatan Gigi 4.5 5 Nurdian Tuesday, July 19, 2016 Menurut penelitian tersebut juga, kandungan zinc dan chlorine dioxide dapat menetralkan bau yang ada, sedangkan kandungan antibakteri chlorhexidine atau cetylpyridinium diperkirakan dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut. Ternyata ada banyak manfaat lain dari obat kumur, apa saja: Pada umumnya obat kumur dikenal sebagai obat untuk mencegah bau mulut . Tetapi ternyata selain itu, obat kumur juga bermanfaat menjaga kes...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.